Home > Serba Serbi

Prediksi Tren Sosmed 2024, Konten Video Kian Diminati

Dari video sampai podcast.
Ilustrasi, sosial media. 
Ilustrasi, sosial media.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA – Perubahan algoritma kerap membuat pusing para penguna sosial media. Apalagi perubahannya dalam waktu singkat. Memahami algoritma sosmed, memang dapat membantu meningkatkan engagement. Tapi kalau hanya fokus di sana, bisa membuang energi.

Nah, memasuki tahun 2024, ada sejumlah prediksi yang bakal bakal menjadi tren di sosmed. Disarikan dari pelbagai sumber, mari kita lihat apa yang mungkin terjadi dan bagaimana bisnis dapat memanfaatkan tren ini untuk pertumbuhan produknya.

Berikut enam tren sosial media yang perlu kamu ketahui agar usahamu dapat sukses di 2024.

1. Konten Video

Konten video bakal menjadi tren dominan di sosial media dibanding sekadar foto atau carousel. Platform seperti Instagram Reels, TikTok, dan YouTube short akan menjadi lebih penting bagi bisnis untuk berbagi konten video yang atraktif.

2. Pelibatan Audiens

Pengaruh sosial yang lebih otentik dan melibatkan audiens dan pelanggan dalam isi konten bakal menjadi lebih berharga dibanding pengaruh dengan pengikut yang banyak. Bisnis dapat berkolaborasi dengan pengaruh sosial yang relevan dengan audiens mereka. Sehingga dengan konten yang relevan dengan pengguna diprediksi bisa menimbulkan efek viral.

3. Live Streaming

Live streaming bakal berkembang, memberi bisnis kesempatan berinteraksi langsung dengan audiens. Ini bisa digunakan untuk kebutuhan peluncuran produk, wawancara eksklusif, atau personal branding.

4. Marketing AI

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pemasaran sosial media akan berkembang pesat di tahun ini. AI dapat membantu bisnis dalam mengoptimalkan kampanye produk, iklan, analisis data, dan sejenisnya. Dengan AI para pengguna bisa menghemat waktu, sumber daya manusia, dan mendapat pelanggan baru atau meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Podcast

Podcast dan platform audio sosial semisal Clubhouse bakal tumbuh dan berkembang. Ini dapat menjadi kesempatan bagi bisnis untuk berbagi konten audio untuk mengenalkan produknya.

6. Augmented Reality (AR)

Penggunaan teknologi AR dalam konten sosial media diprediksi juga akan meningkat. Bisnis dapat memanfaatkan AR untuk menciptakan pengalaman lebih menarik dan interaktif bagi pelanggan.

Demikian, semoga bermanfaat ya.

Mila

× Image