Home > Serba Serbi

Tren Sosmed 2024: Jumlah Share Tingkatkan Engagement

Sosmed juga dijadikan alternatif search engine.
Ilustrasi, sosmed. (Google image)
Ilustrasi, sosmed. (Google image)

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA – Hai sobat sosmed, sudah tahu belum? Di pembuka awal tahun 2024, banyak informasi teranyar terkait prediksi tren sosmed yang akan menemani kita di sepanjang tahun ini.

Pelbagai prediksi tren itu patut dijadikan perhatian, terutama bagi para konten kreator, digital marketer atau siapapun yang berkecimpung dalam lembah sosial media.

Tren ini bisa jadi akan membantu merancang strategi sosial media yang tepat dan efektif, baik untuk bisnis, peningkatan penjualan produk, personal branding, atau kebutuhan sejenis lainnya.

Menukil dari HootSuite, berikut ini prediksi tren sosial media untuk tahun 2024. Yuk, disimak:

1. Alternatif search engine

Salah satu tren sosmed yang diprediksi kian populer tahun ini, sosial media juga digunakan sebagai alteratif search engine. Kalau dulu, untuk mencari informasi apapun, paman Google menjadi andalan. Kini, untuk mencari informasi, berita atau hal apapun, para user mulai beralih ke sosial media.

TechCrunch, melaporkan aplikasi TikTok telah mengintegrasi hasil pencarian Google dalam aplikasinya. TikTok juga menambahkan fitur keyword insight dalam aplikasi mereka.

Sehingga, pastikan juga agar kamu bisa membuat konten yang dapat menjawab pertanyaan audiens.

Perlu diperhatikan juga, kalau bisa upayakan strategi SEO dalam sosmedmu, dengan melakukan optimasi keyword di caption, profil dan di dalam konten.

Selain itu, bisa juga membuat konten yang bisa menjawab pertanyaan umum di niche kalian. Konten edukatif akan lebih mungkin muncul di hasil pencarian meski sudah lama diunggah.

2. Konten video berdurasi panjang

Tren lain yang diprediksi akan diminati tahun ini, konten video dengan durasi panjang. Contoh ini bisa kita lihat di TikTok dan Instagram Reels, yang terus menambah durasi maksimal video. Bahkan, saat ini Instagram Reels memiliki batas maksimal sepanjang 15 menit.

Konten video berdurasi panjang juga didukung berubahnya perilaku user.

Saat ini pengguna sosmed ikut menggunakan sosial media untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang biasanya dituliskan di search engine.

Kalau mau membuat konten video berdurasi panjang, perhatikan poin-poin berikut: pastikan video tetap menarik dan bernilai bagi audiens, bikin eksperimen video berdurasi 2-3 menit dan masukkan timestamp di caption atau deskripsi video. Tujuannya agar audiens bisa menavigasi konten dengan lebih mudah.

3. Jumlah share bisa meningkatkan engagement

Di tahun 2024, metrik share akan menjadi lebih penting. Bahkan postingan dengan jumlah share lebih banyak, bisa meningkatkan engagement. Jumlah share juga lebih penting dibanding jumlah suka, followers, atau komentar di sebuah postingan.

Kenapa begitu?

Alasannya karena share menandakan audiens merasa terwakilkan dengan postingan milikmu. Share juga membuat mereka menjadi brand ambassadormu, secara langsung atau tidak.

Jumlah suka dan komen, tetap menjadi penanda engagement yang baik. Namun, jumlah share yang tinggi akan membuat likes dan share semakin banyak.

Sedangkan, suka dan komentar yang banyak belum tentu menandakan jumlah share yang besar.

Demikian, sejumlah prediksi sosmed yang bakal menjadi tren sepanjang tahun ini. Tertarik mencoba?

Semoga bermanfaat, ya.

Mila

× Image