Home > Politik

5.000 Personel Polda Kaltim Siap Amankan Pemilu 2024

Personel yang diterjunkan berasal dari satuan Polda dan Polres di seluruh Kaltim.
Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo.
Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, siap mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan pesta demokrasi tahun ini.

Polda Kaltim mengerahkan sekitar 5.000 personel untuk memastikan kelancaran proses Pemilu 2024. Ribuan personel yang diterjunkan itu berasal dari satuan Polda dan Polres di seluruh Kaltim. Hal itu diutarakan Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo.

Kombes Yusuf menjelaskan, ribuan personel difokuskan mengamankan 11.441 TPS, yang tersebar di 10 Kabupaten/kota. Sebagai upaya mendukung distribusi logistik Pemilu 2024, Direktorat Polair Polda Kaltim juga akan menugaskan sejumlah kendaraan, termasuk perahu karet.

“Semua itu untuk memastikan distribusi logistik berjalan lancar," papar Kombes Yusuf, kemarin.

Ia bilang, distribusi logistik tak hanya saat dropping, tapi juga saat kembali ke TPS dan PPS untuk tetap berlangsung dengan aman dan lancar.

Kombes Yusuf menekankan, Polda Kaltim telah menyusun strategi khusus untuk mengatasi potensi kerawanan di beberapa daerah. Terutama di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kutai Barat.

Menurut Kombes Yusuf di daerah tersebut, ada wilayah yang hanya dapat diakses menggunakan sampan atau kendaraan air lain.

“Adapun dua unit helikopter dari Mabes Polri juga siap standby untuk menjamin keamanan dan kelancaran Pemilu," paparnya.

Polda Kaltim juga telah melakukan koordinasi dengan personel kepolisian yang memiliki suami atau istri yang terdaftar sebagai calon legislatif (caleg). Memastikan kepolisian tetap menjaga netralitas.

"Kami akan memantau ketat agar mereka tetap netral, dan kami meminta dukungan dari masyarakat untuk mengawasi agar tidak terjadi keterlibatan yang tidak sesuai aturan," tegasnya.

Mila

× Image