Home > Politik

Golkar Hampir Dipastikan Kuasai Kursi Parlemen Balikpapan

Di Pileg 2019 Golkar Balikpapan hanya meraih 11 kursi. Kini bisa 16-19 kursi.
Petugas Pemilu menghitung suara di salah satu TPS di Balikpapan. 
Petugas Pemilu menghitung suara di salah satu TPS di Balikpapan.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA NETWORK – Partai Golkar hampir dipastikan memenangi Pemilu 2024, di Kota Penyangga IKN, Balikpapan. Meski begitu, pengumuman resmi baru akan diumumkan pada Maret mendatang. Namun, dari data sementara sudah tampak terlihat, Golkar bisa meraih minimal 16 kursi dari 45 kursi Parlemen Balikpapan.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Golkar Balikpapan, Romanus, menjelaskan dari data perhitungan sementara di internal partai, ia optimis caleg Golkar Balikpapan bisa meraih minimal 16 kursi.

“Bahkan bisa lebih. Kursi pasti yang telah terkunci minimal 16. Insya Allah ini tidak berubah. Bahkan kalau melihat perkembangan perhitungan suara, masih ada harapan kami bisa dapat 18-19 kursi,” jelasnya, Selasa petang.

Malam ini, lanjutnya, pihaknya masih terus memonitor perkembangan perhitungan suara internal. Kursi pasti yang telah diperoleh Golkar, menyebar di seluruh enam dapil. Yakni, 3 kursi dari empat dapil dan 2 kursi di dua dapil.

“Dua dapil yang mendapat dua kursi masih bisa naik menjadi tiga atau empat kursi. Jadi, yang sudah pasti 16 kursi, dan bisa bertambah menjadi 18 atau 19 kursi,” jelasnya. Meski begitu, pihaknya masih menunggu hasil perhitungan resmi untuk memastikan perolehan kursi.

Sebelumnya diwartakan, Ketua Parlemen Balikpapan Abdulloh optimistis pihaknya bisa meraih belasan kursi. Minimal 14 kursi, maksimal 18 kursi.

“Bisa 14-18 kursi, bro. Balikpapan Timur 3 kursi menuju 4, Balikpapan Utara 3 kursi menuju 4, Balikpapan Kota 2, Balikpapan Barat 3, Balikpapan Tengah 2, dan Balikpapan Selatan 3 kursi,” paparnya.

Di Pileg 2024, berdasarkan DPT ada sebanyak 509.487 pemilih, atau meningkat sekitar 24.000 pemilih dibanding Pemilu 2019 yang sebesar 425.000 pemilih.

Dari perhitungan sementara, Golkar Balikpapan menguasai 32 persen suara pada Pemilu 2024 di kota ini. Angka ini meningkat dibanding hasil perolehan suara di Pemilu 2019.

Dengan capaian ini, raihan kursi Golkar di Pileg 2024 meningkat dibanding 2019. Saat 2019, jumlah kursi yang bisa diraih Golkar hanya 11 kursi. Di Pileg 2024, minimal 16 kursi.

Selain Golkar, dari data perhitungan suara sementara, peningkatan kursi berpotensi diraih PKB. Dari satu kursi di 2019, di Pileg tahun ini bisa meningkat menjadi tiga kursi.

Sebagai konsekuensi peningkatan kursi Golkar dan PKB Balikpapan, kursi dari partai lainnya berpotensi anjlok. Seperti PDIP, dari delapan kursi di Pileg 2019, kini PDIP hanya bisa meraih empat kursi. Begitu pula PKS, dari enam kursi, sementara di Pileg ini hanya tiga kursi.

Redaktur: Rudi Agung

× Image