Home > Regional

Pusat Plasma Nutfah Nasional Bakal Dibangun di IKN

Pembangunan berada di sekitar kawasan Mentawir.
Jokowi dan Menteri Siti Nurbaya saat mengunjungi Mentawir IKN. (RepublikaP
Jokowi dan Menteri Siti Nurbaya saat mengunjungi Mentawir IKN. (RepublikaP

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM – Pusat Plasma Nutfah Nasional di kawasan Persemaian Mentawir, bakal dibangun di Ibu Kota Nusantara. Pembangunan diinisasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Rencananya, peletakan batu pertama pembangunan Pusat Plasma Nutfah Nasional itu akan dilakukan Jokowi pada Selasa (13/8/2024) pekan depan.

Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya Bakar, mengatakan kunjungannya kali ini bertujuan melakukan cek ricek kesiapan pelaksanaan peletakan batu pertama Pusat Plasma Nutfah Nasional yang berada di Persemaian Mentawir.

“Nantinya, akan dibangun Bio Bank, laboratorium rekayasa genetik, dan sumber daya genetik. Ini akan dibangun di Pusat Persemaian Mentawir, IKN Nusantara,” ujar Siti Nurbaya, melalui keterangan resminya, akhir pekan.

Ia bilang pembangunan Pusat Plasma Nutfah Nasional akan dilakukan melalui anggaran KLHK. Dijelaskannya, untuk tahap pertama bakal dianggarkan sebesar Rp 60 miliar untuk kebutuhan pembersihan lahan pembangunan Bio Bank.

Ke depan, lanjutnya, Mentawir akan menjadi lokasi wisata dengan beragam fasilitas.

“Seperti camping ground, kebun raya, dan lainnya,” jelas Siti Nurbaya.

Menurut rencana usai Jokowi melakukan groundbreaking Pusat Plasma Nutfah Nasional, akan ada agenda diskusi dengan sejumlah akademisi dari pelbagai universitas, baik dari Kaltim maupun Jawa.

“Agenda Presiden di IKN, akan berdiskusi dengan para rektor tentang konsorsium akademik. Bagaimana tata kelola di Rimba Nusantara, Rimba Kota yang akan dirintis oleh universitas-universitas seperti UGM, IPB, Unmul, ITB, dan Universitas Brawijaya,” jealsnya.

Di akhir kunjungannya ke IKN, Menteri Siti memastikan kesiapan pelaksanaan HUT RI ke-79.

“Kami ke IKN Nusantara juga melihat beberapa hal, termasuk sejauh mana kesiapan IKN Nusantara menjelang perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang akan dilaksanakan di ibu kota baru.”

Mila

× Image