Home > News

Tim Aerobatik Jupiter Siap Atraksi di Langit Kota Nusantara

Sejak Sabtu, pesawat tempur F-16 sudah berada di Balikpapan.
Pesawat tempur F-16 TNI AU. 
Pesawat tempur F-16 TNI AU.

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Tim Aerobatik Jupiter (Jupiter Aerobatic Team/JAT) TNI AU bakal tampil memeriahkan upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara, IKN.

Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara akan melakukan atraksi di langit IKN bersama pesawat Korean Trainer (KT) 1-B dengan kode woongbee dan jet tempur F-16. Atraksi itu dalam rangkaian apel Perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN.

Sejak Sabtu (10/8/2024) siang, Tim Aerobatik Jupiter telah mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. Sudah lebih lima pesawat TNI AU yang diparkir di Balikpapan.

"Memang tidak manuver penuh karena keterbatasan waktu," jelas Pimpinan JAT, Letkol Penerbang Idham Satria, dikutip dari Antara di Balikpapan, pada Senin (12/8/2024).

Menurut rencana, lanjut Idham, akan ada lima manuver JAT bersama pesawat tempur F-16 di langit Kota Nusantara di sela-sela peringatan Upacara 17 Agustus 2024.

Tim Aerobatik Jupiter ini terdiri dari 14 penerbang untuk delapan pesawat. Adapun personel yang melayani pesawat-pesawat itu saat di darat sebanyak 60 orang.

Pesawat JAT berangkat dari Surakarta. Idham memastikan, Tim Jupiter telah melakukan latihan parsial dan latihan gabungan dengan tim F-16 yang bermarkas di Lanud Iswajudi Madiun, Jawa Timur.

Sejak Sabtu lalu, sudah ada delapan pesawat JAT TNI AU yang telah mendarat di landasan pacu Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan. Pesawat itu mendarat bersamaan sejumlah pesawat tempur F-16.

Keseluruhan pesawat berada di hanggar Lanud Dhomber Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Mila

× Image