Home > Politik

KPU Balikpapan Jadwalkan Pleno Rekapitulasi Tiga Hari

Pleno bisa dituntaskan lebih cepat dari jadwal.
Rapat pleno KPU Balikpapan. 
Rapat pleno KPU Balikpapan.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA NETWORK – Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menghelat rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 tingkat kota. Pleno ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari.

Perhitungan rekapitulasi suara Pemilu 2024 telah dimulai sejak Ahad (3/3/2024) hingga Selasa, besok. Pleno digelar di Hotel Novotel Balikpapan. Peserta pleno dihadiri komisioner KPU dan dipimpinan Ketua KPU Balikpapan, yang juga dihadiri Bawaslu, PPK serta saksi dari partai politik. Pleno terbuka untuk umum namun dibatasi dengan memberikan akses monitor dari luar ruangan pleno.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menjelaskan, pleno rekapitulasi hasil suara tingkat kota ini dijadwalkan berlanngsung selama tiga hari mulai tanggal 3 hingga 5 Maret.

Alasannya menunggu pleno ditingkat kecamatan tuntas semua.

“Kita alokasikan waktu 3-5 hari. Mudah-mudahan nanti dalam 2 hari bisa selesai semuanya. Sebab dari pengalaman sebelumnya rapat pleno rekapitulasi bisa selesai sehari semalam,” ujar Thoha kepada awak media.

Ia bilang, untuk perhitungan rekap suara yang pertama dihitung sesuai urutan yakni dari hasil suara capres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan dan DPRD Kota.

“Nanti yang dibacakan itu hasil atau D Hasil kecamatan. Jadi tidak lagi kita baca hasil plano-plano tingkat TPS. Bukan seperti itu lagi,” jelas Thoha.

Ia juga memastikan proses tingkat kecamatan yang dilaksanakan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah usai. “Yang terakhir Kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Selatan. Karena TPS nya banyak, sampai 490 TPS dan 458 TPS,” ujarnya.

Asisten I Pemerintah Kota Balikpapan Zulkifli yang mewakili Pemerintah Balikpapan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan. Termasuk kepada seluruh unsur terkait yang sudah menghelat tahapan pemilihan.

“Apresiasi dan rasa simpati kepada anggota KPPS yang sudah bekerja sangat keras. Sehingga Pemilu 2024 berjalan lancar, “jelasnya.

Zulkifli juga menyampaikan duka mendalam untuk anggota KPPS yang meninggal dunia dalam tugas. Yakni almarhum Ambiya, dari TPS Batu Ampar.

“Termasuk 87 anggota KPPS lainnya yang sampai jatuh sakit,” katanya. Zulkifli meminta seluruh pihak menjunjung tinggi integritas, agar proses perhitungan yang ditetapkan mempresentasikan data ril.

Yanandri

× Image