Home > Regional

UMKM Makanan Dinilai Penting sebagai Penggerak Ekonomi di IKN

Makanan sehat dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Foto udara penampakan kawasan inti IKN. 
Foto udara penampakan kawasan inti IKN.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKANETWORK – UMKM makanan dan minuman dinilai memiliki peranan penting sebagai penggerak ekonomi, termasuk di Ibu Kota Nusantara, IKN.

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito, dikutip pada Rabu (8/5/2024).

Untuk mendongkrak pertumbuhan UMKM, pihak Otorita IKN pun berkomitmen dengan menggandeng Kementerian Kesehatan menggelar Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji di IKN.

Pelatihan itu kolaborasi antara Otorita IKN, Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Balai Kekarantinaan Kesehatan Balikpapan, UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, dan Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara.

Ia menegaskan penggerak ekonomi nasional Indonesia adalah UMKM. Karena itu, para pelaku usaha UMKM perlu dibina dan diberi perhatian lebih.

“Terutama UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman di wilayah delienasi IKN,” ujar Suwito.

Menurutnya dalam menjaga kesehatan masyarakat di wilayah IKN menjadi tugas utama Otorita IKN. Dimulai dengan menjaga makanan para pekerja dan masyarakat.

Ia bilang, makanan sehat dapat mencegah penularan penyakit foodborne disease atau penyakit yang ditularkan melalui makanan.

“Adapun makanan bergizi dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan produktivitas kerja," imbuhnya.

Ia menyampaikan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta, karena selain mendapatkan pengetahuan, mereka juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk registrasi atau perizinan usaha restoran atau usaha makanan siap saji lainnya.

Selain itu, bagi pengelola kantin akan diberikan stiker yang menunjukkan bahwa kantin telah memenuhi standar dalam mengelola makanan yang sehat dan bergizi.

Mila

× Image