Home > Regional

Akmal Malik Usul Rakor Kementerian di IKN Dilakukan Tiap Pekan

Jika gagasan itu terwujud, perekonomian Kaltim bisa meningkat.
Arahan kepada ratusan kepala daerah. (dok. Pemkot Balikpapan)
Arahan kepada ratusan kepala daerah. (dok. Pemkot Balikpapan)

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Penjabat Gubernur Provinsi Kaltim, Akmal Malik mengusulkan kepada Jokowi agar rapat koordinasi atau rakor seluruh kementerian di Ibu Kota Nusantara bisa dihelat rutin setiap pekan.

Ia juga mengusulkan rakor itu nantinya bisa mengundang para kepala dinas dan pejabat instansi terkait dari seluruh Indonesia.

"Jika saat ini terdapat 34 kementerian di pusat, maka dalam satu tahun akan ada 34 kali rakor di IKN," ujar Akmal Malik di IKN, dikutip dari Antara, Selasa (13/8/2024).

Di kesempatan itu Akmal Malik ikut menghadiri pertemuan para gubernur se-Indonesia di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

Mendengar itu, Jokowi tersenyum dan menyebutnya sebagai gagasan yang cerdas.

"Itu gagasan bagus," puji Presiden.

Jika rencana itu trewujud, setidaknya Kaltim bisa mendapat banyak keuntungan.

Sebagian tamu akan bermalam di Samarinda atau Balikpapan. Mereka juga akan menggunakan jasa transportasi dan membeli oleh-oleh khas Kaltim. UMKM pun akan ikut terdampak.

Jokowi lantas mengatakan sangat layak ekonomi Kaltim tumbuh 7,2 persen. Alasannya, selain suntikan APBN melalui pembangunan IKN, mereka juga memiliki Pj Gubernur yang menurutnya sangat piawai mengundang uang datang ke daerah ini. Usai pertemuan, Pj Gubernur Akmal Malik mengaku gembira karena Jokowi mendukung ide yang ia kemukakan.

Tapi menurutnya, yang terpenting saat ini menunaikan seluruh arahan Presiden Jokowi dari pertemuan tersebut. Akmal bilang, pesan pertama Jokowi agar para gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah mampu menyinkronkan seluruh kegiatan pusat di daerah.

"Selain itu, memastikan kabupaten dan kota fokus pada program unggulan/prioritas mereka," terangnya. Sebagai pemerintah pusat di daerah, para gubernur juga harus mampu mendorong agar semua daerah memiliki spesifikasi terkait rencana masa depan mereka.

Ratusan Kepala Daerah Dapat Arahan

Selain pertemuan gubernur se-Indonesia, ratusan kepala daerah lain juga turut mendapat arahan dari Jokowi. memberi arahan kepada ratusan kepala daerah yang datang ke Ibu Kota Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, pada Selasa (13/8/2024).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan, saat ini ada sebanyak 517 kepala daerah berkumpul mengikuti agenda pengarahan Jokowi di Istana Negara IKN.

"Dapat kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa jumlah kepala daerah saat ini, gubernur ada 38 orang, wali kota ada 98 orang, dan bupati ada 416. Total 552 orang. Hadir saat ini langsung 517 gubernur, wali kota, bupati, baik penjabat maupun yang definitif," ujar Tito.

Adapun 35 kepala daerah berhalangan hadir lantaran pelbagai sebab.

Tito merinci, sebanyak 35 kepala daerah yang berhalangan hadir karena sakit, harus mengikuti sidang paripurna DPRD, ada pula yang sampai tidak kebagian tiket pesawat.

"Semua gubernur sudah tiba sejak tadi malam menginap di Hotel Nusantara. Bupati dan wali kota semua menginap di Balikpapan," jelas Tito.

Yan Andri

× Image