Home > Regional

Jelang HUT RI, Polairud Polda Kaltim Petakan Kerawanan di IKN

Dalam satu kapal patroli, disiagakan minimal empat personel.
Patroli Polairud Polda Kaltim, siap siaga jaga keamanan perairan. (dok. Polda)
Patroli Polairud Polda Kaltim, siap siaga jaga keamanan perairan. (dok. Polda)

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Menjelang upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kaltim, memetakan kerawanan kawasan perairan.

Kabag Binopsnal Ditpolairud Polda Kaltim, AKBP Bahril menngilustrasikan antisipasi keamanan kawasan perairan berupa potensi sabotase. Karena berdampak negatif terhadap perayaan HUT RI di IKN.

Pihaknya telah mengerahkan lima kapal polisi untuk berpatroli menjelang peringatan Hari Kemerdekaan.

Lima kapal itu, lanjut Bahril, terdiri dari dua Kapal Pemburu Cepat dan dua kapal jenis kapal taktis yang dirancang dengan kemampuan beroperasi di perairan pantai, teluk, dan perairan pedalaman sungai.

"Selain itu, kami juga mengerahkan satu kapal kapal pendukung atau ship tender," ujarnya, pada Rabu (14/8/2024). Ia bilang, patroli Polairud Polda Kaltim berlangsung selama empat jam dalam sehari, dan dilakukan secara bergantian.

"Untuk kerawanan di perairan IKN, khususnya saat HUT RI, yaitu tindak pidana. Itu berlaku universal," imbuh Bahril.

Selanjutnya, antisipasi nelayan yang dinilai berpotensi menghambat jalur-jalur para tamu lewat perairan menuju lokasi upacara di IKN.

Menurut Bahril, pihaknya terus menggelar patroli rutin di wilayah perairan Teluk Balikpapan yang menghubungkan Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kota Nusantara.

Ia mengatakan pihaknya mengerahkan 20 personel perairan Polda Kaltim yang terlibat dalam patroli teluk dan perairan itu. "Dalam satu kapal, ada empat personel yang kami kerahkan untuk melakukan patroli," jelasnya.

Sebelumnya, untuk mobilitas dan pengamanan udara, Polri telah menyiapkan empat unit helikopter untuk bersiaga saat peringatan HUT RI di IKN. Empat helikopter itu berasal dari Badan Pemeliharaan Keamanan Polri. Sedangkan pilotnya berasal dari direktorat polisi udara korppolairud Baharkam Polri.

Keempat helikopter yang disiagakan, yaitu Police Flight AW 189/P-7001, AW 169/P-3309, AW 169/ P-3305 dan AS 365 N2/P-3103. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Seperti helikopter AW 189/P-7001, AW 169/P-3309, AW 169/ P-3305 yang disiapkan untuk mengangkut tamu VIP.

Yan Andri

× Image