Home > News

140 Warga Balikpapan Diundang Upacara HUT RI di IKN

Untuk total masyarakat Kaltim, mendapat kouta 3.000-5.000 undangan.
Suasana Istana Garuda Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kaltim.
Suasana Istana Garuda Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kaltim.

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Sekitar 140 warga Balikpapan ikut menjadi tamu undangan dalam upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, di Ibu Kota Nusantara-IKN.

Mereka turut hadir memeriahkan peringatan HUT RI, yang dihelat di IKN, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada hari ini (17/8/2024).

Menurut Wali Kota Balikpapan, undangan itu mencakup seluruh elemen masyarakat di Kota Minyak.

“Ada 140 undangan upacara Kemerdekaan untuk tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga lain,” jelas Rahmad Mas’ud. Bagi yang belum berkesempatan mendapat undangan, ia memohon maaf lantaran ada keterbatasan dalam kouta undangan.

“Kami mohon maaf bagi yang belum kebagian, karena undangan itu diatur sekretariat negara dan sangat terbatas,” ujarnya.

Meski begitu, Pemerintah Balikpapan melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat untuk melakukan siaran upacara kemerdekaan di IKN. Siaran itu ditayangkan di sejumlah titik yang terpasang videotron.

Diwartakan sebelumnya, Pj Gubernur Akmal Malik, menjelaskan untuk kuota masyarakat Kaltim yang diperkenankan mengikuti langsung HUT RI di IKN, berjumlah 3.000 hingga 5.000 orang.

“Sebanyak 3.000 sampai 5.000 orang ini masih kita konsolidasikan hingga hari ini. Kita minta arahan dari protokol sebagai penyelenggara, misal dimana titik-titiknya nanti,” ujar Akmal.

Ia menyampaikan kesempatan masyarakat untuk ikut serta dalam Peringataan HUT RI sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat.

Ia bilang, Pemprov Kaltim telah menyebarkan sekitar 800 undangan kepada tokoh-tokoh, instansi dan pihak lain. Namun, karena ada instruksi langsung dari Jokowi, pihaknya akan mengakomodir masyarakat yang terlibat langsung.

“Undangan sudah beredar. Undangan dari sana semua, bukan dari kita. Kaltim undangannya ada 400 pagi, 400 sore untuk tokoh-tokoh masyarakat. Sisanya undangan dari Jakarta semua,” ujarnya.

Yan Andri

× Image