Home > News

Pilkada 2024: Sabani Syukri Formulasikan Roadmap Perubahan Balikpapan

Krisis air bersih, banjir, antrian gas 3kg, antrian BBM menjadi masalah prioritas yang segera harus ditangani.
Jumpa pers Paslon 3 Pilkada Balikpapan, Sabani Syukri. 
Jumpa pers Paslon 3 Pilkada Balikpapan, Sabani Syukri.

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Pilkada Balikpapan 2024 telah memasuki masa kampanye. Pasangan nomor urut 3 Sabani Syukri telah merancang roadmap solusi untuk membenahi kota ini.

Roadmap perbaikan tatanan Balikpapan itu dikemas untuk solusi jangka pendek, menengah dan panjang. Semua itu diformulasikan dalam 9 program unggulan.

Menurut Sabani, program itu akan menjadi peta jalan pemerintahanannya bila kelak terpilih menjadi Walikota 2024-2029.

"Saya pernah bertugas di Balikpapan sejak zaman Pak Tjujup dan Pak Imdaad Hamid. Insya Allah kami telah melakukan kajian untuk membenahi masalah-masalah di kota ini," papar Sabani, dalam Media Ghatering di TAJAK Coffe, Jumat (11/10/2024).

Menurut Sabani, permasalahan yang kini dikeluhkan warga Balikpapan mulai air bersih, kelangkaan gas 3kg hingga warga harus antri, lalu antrian BBM, sebaran titik kemacetan, menjadi masalah yang harus segera ditangani.

Pihaknya telah merancang pelbagai formulasi untuk menata Balikpapan menjadi lebih baik.

"Saya bersama Pak Syukri Wahid telah memiliki roadmap solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang dikeluhkan warga," jelasnya.

Ia mengaku dalam beberapa kesempatan kepada media dan keterangan-keterangan di akun sosial medianya, telah menjelaskan langkah-langkah strategis yang akan diambil. Jika kelak terpilih sebagai pemenang di Pilkada 2024.

"Kami punya 9 program unggulan untuk mengatasi masalah substansial di Balikpapan. Mulai memberi solusi krisis air, penanganan banjir, solusi menekan kemacetan, solusi meminimalisir banjir, sampai peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan," jelasnya.

Ia menekankan, jika Sabani Syukri terpilih, Paslon ini juga akan membuat program BPJS Plus. Yakni memperluas jangkauan penerima BPJS gratis kepada mereka yang punya penghasilan sampai Rp 5 juta per bulan.

"Jadi perlu kami sampaikan di sini, BPJS akan kami tambahkan, kami tingkatkan menjadi BPJS Plus. Insya Allah lebih baik dalam pelayanannnya dan lebih luas jangkauannya," papar Sabani.

Di kesempatan sama, calon wakil walikota Syukri Wahid mengamini roadmap perbaikan Balikpapan yang telah melewati kajian. Mereka berdua sering turun ke jalan untuk mendengar, menyerap dan mencatat keluhan masyarakat.

Setelah itu bersama tim ahlinya, Sabani Syukri melakukan analisa, kajian dan merumuskan solusi-solusi terkait. "Kami simpulkan roadmapnya dalam 9 program unggulan," jelas Syukri Wahid.

Masalah krisis air bersih, antrian gas 3kg, antrian BBM, masalah banjir akan menjadi prioritas untuk ditangani. "Kami akan tata ulang lagi semuanya. Kita kembalikan kenyamanan Balikpapan seperti dulu," ujarnya.

Selain memaparkan program-program yang digagas, Syukri juga membuka ruang seluas-luasnya kepada publik untuk memberi saran, masukan dan juga kritik konstruktif.

"Kami sangat terbuka untuk itu. Teman-teman media sudah paham lah ya. Sabani Syukri tidak anti kritik. Bagi kami, itu adalah ruang demokrasi yang harus dibuka seluas-luasnya. Salah satunya acara Bedah Solusi yang kami lakukan malam ini," ujar Syukri.

Yan Andri

× Image