Home > Politik

Slank Bilang, Awalnya Jokowi Dukung Ganjar tapi...

Menurut Slank, Jokowi berubah.
Personel Slank. 
Personel Slank.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKAKonstelasi politik jelang Pilpres 14 Februari 2024, kian dinamis. Para kandidat terus berebut dan saling klaim dukungan dari pelbagai tokoh, tak terkecuali dari Jokowi.

Dukungan Jokowi masih bernilai tinggi untuk pendulangan suara capres. Keberpihakannya juga dinanti masyarakat.

Band Slank membeber Jokowi awalnya sempat melabuhkan dukungannya pada capres Ganjar Pranowo. Hal itu terkuak kala pertemuan terakhir Slank dengan Jokowi pada Mei 2023 silam.

Saat itu, Slank ditanyai Jokowi apakah mendukung Ganjar atau tidak di pemilihan presiden 2024. Waktu itu Slank belum menjawab, namun Jokowi membujuk mereka mendeklarasikan Ganjar Pranowo.

"Terakhir ketemu Pak Jokowi bilang 'Gimana Slank? Ganjar ya? Ayo kita prescon' oke setuju, itu pertemuan terakhir ya, akhirnya no," ujar personel Slank, Bimo Setiawan Almachzumi atau Bimbim di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (29/1/2024).

Slank akhirnya mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud.

Tetapi keputusan itu ternyata tidak diikuti Jokowi. Musababnya, saat ini putra sulung Jokowi menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

"Gua sih nggak berubah, nggak pernah berubah, mungkin sebelah sana yang berubah," kata Bimbim.

Ia melanjutkan, "Kita sih masih di sini, dia (Jokowi) aja yang pergi. Kita masih dengan perjuangan kita, dia aja yang ninggalin kita, kita jalan terus," ujar gitaris Slank, Mohammad Ridwan Hafiedz atau Ridho menimpali.

Slank telah meluncurkan lagu berjudul "Salam M3tal (Menang Total)" sebagai bentuk dukungan terhadap Ganjar-Mahfud. Bimbim mengatakan awalnya mereka tak ingin terlibat di Pilpres 2024.

Tapi, akhirnya mereka turun gunung lantaran melihat dinamika politik yang terjadi saat ini.

"Tadinya kita tidak mau berpolitik, tapi Indonesia sedang tidak asyik-asyik saja," papar Bimbim.

Republika

× Image