Home > Serba Serbi

Selamat Dunia Akhirat: Rutinkan Amaliah Doa-doa di Akhir Zaman

Di akhir zaman ini memperbanyak doa menjadi perisai yang membuat hati tenang.
Berdoa dengan ketundukan dan harapan. 
Berdoa dengan ketundukan dan harapan.

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM – Doa menjadi salah satu senjata bagi setiap Muslim. Dengan berdoa, kita semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan perlindungan-Nya. Dalam menghadapi fitnah dan cobaan di akhir zaman, memperbanyak doa menjadi hal yang sangat penting.

Di tengah gejolak dunia yang semakin kompleks, umat Muslim senantiasa mencari perlindungan dan ketenangan. Salah satu cara yang diajarkan Rasulullah dengan memperbanyak doa. Doa-doa tertentu memiliki keutamaan khusus, terutama dalam menghadapi fitnah dan cobaan di akhir zaman.

Pentingnya Berdoa di Akhir Zaman

Akhir zaman ditandai dengan berbagai macam fitnah dan cobaan yang berat. Iman umat Muslim akan diuji dengan pelbagai godaan. Dalam situasi seperti ini, berdoa menjadi benteng pertahanan yang sangat kuat. Dengan berdoa, kita memohon perlindungan Allah SWT dari segala marabahaya dan berharap mendapatkan hidayah serta petunjuk-Nya.

Doa Perlindungan Diri dari Fitnah

Salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk diamalkan adalah doa perlindungan dari fitnah. Doa ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menjaga hati dan pikiran kita agar tetap tenang dan fokus pada Allah Ta’ala. Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca doa ini setiap hari, terutama saat keluar rumah atau memasuki tempat yang ramai.

Salah satu doa patut kita rutinkan untuk memohon perlindungan dari segala fitnah akhir zaman, yakni:

Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari azab kubur, azab neraka Jahannam, serta fitnah kehidupan, kematian, dan fitnah Dajal."

Doa Mohon Ampunan

Dosa adalah salah satu penyebab utama datangnya musibah. Karena itu, memperbanyak istighfar atau memohon ampunan kepada Allah SWT sangatlah penting. Dengan istighfar, kita berharap dosa-dosa kita diampuni dan hati kita menjadi bersih.

Berikut bacaan doa memohon ampunan atas segala dosa dan khilaf:

Allahummaghfir li khathi'ati wa jahli, wa israfi fi amri, wa ma anta a'lamu bihi minni. Allahummaghfir li jiddi wa hazli, wa khatha’i wa ‘amdi. Wa kullu dzalika ‘indi. Allahummaghfir li ma qadamtu wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru, wa anta ‘ala kulli syai’in qadirun.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah kekeliruan dan kebodohanku, kelewatan batasku dalam sebuah hal, dan dosaku yang mana Kau lebih tahu dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku dalam serius dan gurauanku, kekeliruan, dan kesengajaanku. Apa pun itu semua berasal dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku yang terdahulu dan terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan kunyatakan, dan dosa yang mana Kau lebih tahu dariku. Kau Maha Terdahulu. Kau Maha Terkemudian. Kau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Doa Mohon Rezeki yang Halal

Rezeki yang halal dan berkah merupakan nikmat yang sangat besar. Di akhir zaman, banyak godaan untuk mencari rezeki dengan cara yang tidak halal. Karena itu, kita perlu berdoa agar selalu diberikan rezeki yang halal dan berkah. Bisa dibaca doa seperti ini:

Allaahumma innii as-aluka rizqan thayyiban wa 'ilman naafi'an wa 'amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah. Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rezeki yang baik, Ilmu yang bermanfaat dan amal yang diterima." (HR. AI-Mustaghfiri).

Doa Mohon Kemudahan dalam Segala Urusan

Dalam menjalani hidup, kita pasti akan menghadapi berbagai macam kesulitan dan rintangan. Untuk itu, kita perlu berdoa agar Allah SWT memudahkan segala urusan kita. Dengan demikian, kita akan merasa lebih tenang dan optimis dalam menghadapi segala tantangan. Doanya:

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa.

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Yan Andri

× Image