Home > News

517 Kepala Daerah Kumpul di IKN, 35 Absen

Mereka yang absen ada yang sakit, ada pula yang tak dapat tiket pesawat.
Pengarahan kepada ratusan kepala daerah di IKN. (dok. Pemkot Balikpapan)
Pengarahan kepada ratusan kepala daerah di IKN. (dok. Pemkot Balikpapan)

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan, saat ini ada sebanyak 517 kepala daerah berkumpul mengikuti agenda pengarahan Jokowi di Istana Negara IKN. Jokowi memberi arahan kepada ratusan kepala daerah yang datang ke Ibu Kota Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, pada Selasa (13/8/2024).

"Dapat kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa jumlah kepala daerah saat ini, gubernur ada 38 orang, wali kota ada 98 orang, dan bupati ada 416. Total 552 orang. Hadir saat ini langsung 517 gubernur, wali kota, bupati, baik penjabat maupun yang definitif," ujar Tito.

Adapun 35 kepala daerah berhalangan hadir lantaran pelbagai sebab.

Tito merinci, sebanyak 35 kepala daerah yang berhalangan hadir karena sakit, harus mengikuti sidang paripurna DPRD, ada pula yang sampai tidak kebagian tiket pesawat.

"Semua gubernur sudah tiba sejak tadi malam menginap di Hotel Nusantara. Bupati dan wali kota semua menginap di Balikpapan," jelas Tito.

Pada Selasa, Jokowi memberikan arahan dan menyambut ratusan kepala daerah yang hadir dengan ucapan selamat datang di IKN. Pengarahan RI 1 kepada kepala daerah itu dihelat di ruang kegiatan resmi Istana Negara IKN.

Jokowi bertanya kepada hadirin tentang bayangan mengenai IKN.

"Melihat Ibu Kota Nusantara ini, kira-kira bayangan Bapak apa? Selamat datang di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi membuka sambutan.

Ia menekankan, melalui pembangunan IKN, pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun ibu kota negara sesuai keinginan dan desain pemerintah, meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sejak dimulai 2021, pembangunan IKN baru akan selesai sekitar 10 hingga 15 tahun mendatang.

Republika/ Yan Andri

× Image