Home > News

Permudah Dua Agenda Nasional, Kaltim Minta Tambah Penerbangan

Dua agenda itu dihelat pada Agustus dan September mendatang.
Maskapai di bandara.  
Maskapai di bandara.

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM - Untuk mempermudah kelancaran dua agenda nasional di Kaltim, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta dukungan penambahan penerbangan ke Benua Etam. Dua agenda itu akan berlangsung di bulan Agustus dan September 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, menjelaskan kedua agenda itu akan mendatangkan tamu dari seluruh Indonesia. Hal itu menjadi tantangan mengingat besarnya agenda terkait, yaitu Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara dan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-30 di Samarinda.

Menurut Sri pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar bisa menambah frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda.

Pihaknya menganalisa bahwa kapasitas kedua bandara secara umum masih mencukupi.

“Namun, kendala utama terletak pada terbatasnya penerbangan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, terutama menuju Kaltim," ujar Sri dikutip dari Antara, Minggu (11/8/2024).

Menurutnya kedua agenda nasional itu akan dihadiri ribuan peserta dari pelbagai daerah di Indonesia.

"Dengan penambahan penerbangan, diharapkan para peserta dari pelbagai daerah dapat lebih mudah dan lancar tiba di Kaltim untuk mengikuti kedua acara tersebut," imbuh Sri.

Ia bilang Asisten I Setda Provinsi Kaltim telah melakukan pertemuan dengan pejabat Kementerian Perhubungan untuk membahas usulan penambahan penerbangan itu.

Sri optimistis usulan itu bisa mendapat respons positif. Apalagi tingginya potensi penumpang yang akan diangkut. "Kami yakin penambahan frekuensi penerbangan akan memberi keuntungan bagi semua pihak, baik bagi pemerintah, masyarakat, maupun maskapai penerbangan," katanya.

Yan Andri

× Image