Home > Serba Serbi

Kedahsyatan Fadhilah Shalawat Jibril 1.000 Kali Sehari

Tujuan utama tetap berharap mendapat ridha Allah dan ridha Rasulullah.
Ilustrasi, khusyu' dalam berdzikir dan bershalawat. 
Ilustrasi, khusyu' dalam berdzikir dan bershalawat.

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA – Membicarakan keistimewaan Shalawat, tidak akan pernah ada habisnya. Beruntungnya menjadi insan yang diakui sebagai umat Rasulullah. Apalagi hidup di akhir zaman yang penuh tantangan ini.

Para alim Ulama terdahulu melalui kitab-kitab klasiknya, sampai Ulama kontemporer yang mengingatkan melalui tausiahnya, seringkali menasihati kita semua. Salah satu nasihatnya, kunci selamat di akhir zaman dengan memperbanyak Shalawat.

Dan salah satu Shalawat yang dianjurkan, yakni Shalawat Jibril. Shalawat yang sangat singkat tapi punya fadhilah yang sangat dahsyat. Memperbanyak Shalawat, selain sebagai salah satu kunci di akhir zaman, juga sebagai wujud syukur.

Dengan kita banyak membaca Shalawat, mudah-mudahan kelak kita akan dibanggakan Rasulullah, dihadapan umat yang lain.

Rasulullah bersabda, yang artinya: "Sesungguhnya yang paling dekat denganku, di akhirat kelak adalah yang paling banyak membaca Shalawat kepadaku.”

Para alim Ulama juga mengingatkan agar kita berupaya keras membaca Shalawat dengan bilangan tertentu. Semisal membaca Shalawat minimal 1.000 kali setiap hari, Shalawat apa saja redaksinya asalkan 1.000 kali. Bilangan itu, seringkali dikaitkan dengan sebuah syir atau rahasia, yang tak perlu dicari.

Tapi, lakukan saja.

Minimal kita melakukan amaliah bersanad, yang diwariskan dari guru-guru dan Ulama terdahulu. Nah, agar lebih memudahkan bacalah Shalawat Jibril karena Shalawat ini termasuk yang paling pendek, dan kita akan cepat membacanya 1.000 kali.

Ihwal Shalawat dengan bilangan 1.000 kali setiap hari, Rasulullah telah mengabarkan fadhilahnya dalam sejumlah hadis berikut :

Artinya, Rasul bersabda:

"Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, maka karenanya Allah bershalawat sepuluh kali baginya. Barang siapa bershalawat kepadaku sepuluh kali, maka karenanya Allah bershalawat seratus kali baginya. Barang siapa bershalawat kepadaku seratus kali, maka karenanya Allah bershalawat seribu kali baginya. dan barang siapa yang bershalawat seribu kali maka takkan disentuh api neraka.”

Dalam nubuah lain, Rasulullah bersabda. Artinya:

"Barang siapa bershalawat kepadaku 1.000 kali maka takkan meninggal dunia, sehingga diberikan kabar gembira masuk surga.” Inilah salah satu dahsyatnya fadhilah membaca Shalawat 1.000x setiap hari.

Mengutip buku bertajuk: Rahasia Sehat Berkah Shalawat, karya Syukron Maksum, berikut bacan bershalawat Jibril” “Shallallahu ‘ala Muhammad”

Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmatNya kepada Nabi Muhammad.”

Nah, yang dimaksud bacaan Shalawat Jibril 1.000x, kita membaca Shalawat tersebut sebanyak 1.000 kali setiap hari, dengan batas waktu bebas. Yang penting dalam sehari bisa membaca 1.000 kali. Jika kita khusyuk melakukannya, membaca Shalawat Jibril 1.000 kali tidak sampai setengah jam.

Doa Setelah Sholawat Jibril

Setelah menuntaskan Shalawat Jibril 1.000 kali, kita bisa melanjutkan dengan membaca doa berikut:

"Aallahumma Inni Asaluka wa Atawajjahu Ilayka Binabiyyika Muhammmad. Nabiyyir Rahmah Yaa Sayyidi Yaa Muhammad. Inni Atawassilu Bika Ilaa Rabbi Fasyafiqghu Fii Liqadhaai Haajaati... Wa Hiya...... (sebutkan hajat kita)."

Jika seseorang mengamalkan Shalawat Jibril secara teratur, ia akan dicintai semua orang dan akan dibuka 70 pintu rahmat.

“Barang siapa membaca Shalawat ini, maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya, dan Allah menitipkan cinta-Nya pada hati manusia. Sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.” (HR. Imam Sya’roni)

Dikisahkan pula, ada seorang laki-laki dari Syiria menuju Nabi Muhammad SAW, menurut As-Sakhawi, mengatakan ayahnya yang tua dan buta ingin melihatnya.

Maka disarankan membaca Shalawat Jibril, dan ia kemudian melihat Rasulullah dalam mimpi dan bahkan dapat meriwayatkan hadits dari beliau.

Salah satu keutamaan lain membaca Shalawat Jibril 1000x yang paling banyak dicari manusia adalah karena dapat mendatangkan rezeki yang berkah dan berlimpah.

Namun, satu hal yang perlu diingatkan, kita harus selalu meluruskan niat. Untuk melakukan amaliah membaca Shalawat Jibril 1.000x setiap hari, harus selalu diniatkan hanya karena mengharap ridha Allah dan Rasulullah. Adapun keistimewaan lain, semisal rizki dan lainnya, itu hanya sekadar bonus.

Bukan tujuan utama. Tujuan utama tetap berharap mendapat ridha Allah dan ridha Rasulullah.

Semoga kita selalu dimudahkan mengamalkannya. Shalaallahu alaa Muhammad

Yanandri

× Image